BERITA

Wawali Cek Bandara, Harap Corona Tak Masuk Balikpapan

Redaktur: MTO

CEK LANGSUNG - Wawali Balikpapan Rahmad Mas'ud

Kopisusu.id - Merebaknya virus corona mendapat perhatian serius Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud. Bakal calon wali kota Balikpapan itu mendatangi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Dia melihat langsung proses pemeriksaan kesehatan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh.

"Kami pemerintah kota tentu khawatir dengan virus seperti ini,’’ ujar RM—sapaan akrabnya.
Semua orang, terutama yang datang dari penerbangan luar negeri hendaknya diperiksa dan dipastikan steril. ’’Semoga tidak ada yang terkena," harapnya.

Seluruh pihak terkait melakukan pemeriksaan yang ketat terhadap penumpang. Ini dilakukan untuk mencegah virus ini masuk ke Balikpapan.

Sekadar diketahui, virus ini diduga berasal dari hewan liar yang dijual di pasar makanan yang terletak di pusat kota Wuhan. Dilansir dari The Straits Times, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok Dr Gao Fu, mengatakan, pihak berwenang percaya, virus tersebut kemungkinan berasal dari binatang buas di pasar makanan laut, meski sumber pastinya belum ditentukan.

Menurut peneliti, corona merupakan virus yang kerap menginfeksi hewan. Hanya, pada gilirannya bisa berevolusi dan menyebar ke manusia.

Terpisah, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr Anung Sugihantono menambahkan, sejauh ini penularan virus corona diduga disebabkan oleh kontak langsung dengan mereka yang sakit.’’Bukan barang dari Tiongkok,’’ ujarnya di Jakarta, Senin (27/1/2020).
Karena penularan belum diketahui secara pasti, saat ini semua orang di daerah terdampak disarankan memakai masker. ’’Diduga adalah kontak langsung. Kontak langsung itu bersentuhan atau dari udara. Bisa airborne bisa droplet,’’ tambahnya.

Masyarakat juga diminta tidak panik dan galau. Jika butuh informasi, Kementerian Kesehatan mengaktifkan hotline pusat krisis khusus untuk informasi mengenai virus corona di nomor telepon 021-5210411 dan 081212123119. "Dua nomor ini aktif untuk melayani publik yang ingin menanyakan dan konfirmasi mengenai coronavirus baik informasi dan rumor," terangnya. Layanan tersebut aktif 24 jam, berlaku mulai Senin (27/1/2020) hingga sekitar sebulan atau sampai virus corona dinyatakan aman. (mto)

rahmad-masudwawali-balikpapancalon-walikota-balikpapanvirus-corona