BERITA

Rahmad Mas’ud: INSA Balikpapan Bakal Minta Stop Jalur Pelayaran Cargo

Redaktur: MTO

PINTU MASUK - Rahmad Mas'ud mewaspadai virus Corona masuk melalui jalur pelayaran perdagangan di Balikpapan.

Kopisusu.id - Indonesian National Shipowners Association (INSA) Balikpapan mengantisipasi kemungkinan masuknya virus Corona asal Wuhan, China, melalui jalur pelayaran. Kepada Kementerian Perhubungan, INSA akan minta jalur pelayaran cargo distop, jika awak kapal terindikasi terjangkit virus Corona.

“Penyebaran virus Corona, salah satunya melalui kontak badan. Ketika kapal merapat, petugas darat langsung naik ke kapal dan kontak fisik dengan awak kapal. Ini beresiko,” kata Rahmad Mas’ud, ketua INSA Balikpapan.

Karenanya, Rahmad yang juga wakil walikota Balikpapan ini mengaku siap minta Kementrian untuk menghentikan alur perdagangan dari luar, jika ada indikasi virus Corona.

Sejauh ini memang, tambah calon walikota Balikpapan tersebut, belum ditemukan adanya awak kapal dari luar yang terindikasi terjangkit virus Corona.

"Sampai saat ini alhamdulilah belum ada gangguan dan jangan sampai ada. Kita hanya perlu mewaspadai saja. Berhati-hati,” tegasnya.

Ia pun akan melakukan sosialisasi kepada para pengusaha di dunia pelayaran khususnya di Balikpapan, untuk mewaspadai hal tersebut, berkordinasi dengan KSOP sebagai pemangku regulasi di Pelabuhan.

"Itu bentuk waspada walaupun memang belum tentu, tapi ada kewaspadaan jangan sampai itu terjadi di Indonesia khususnya di Kota Balikpapan," tambah Rahmad. (esa)

 

 

virus-coronawawali-balikpapanrahmad-masudinsa-balikpapan