BERITA

Rahmad Mas’ud Ajak Warga yang Mampu Ikut Membantu

Redaktur: eko satiya hushada

SEBAR WASTAFEL - RMC giat membangun dan menyebar wastafel portable di sejumlah titik keramaian. (foto: relawan rahmad)

Kopisusu.id – Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud terus bergerak membantu masyarakat dalam melawan penyebaran virus Corona. Ini sesuai program Gotong Royong Lawan Virus Corona yang diluncurkannya awal pekan ini. Ia pun berharap ini menjadi gerakan bersama. Jika ia mulai bergerak, tak lain bertujuan untuk mendorong warga Balikpapan lainnya untuk ikut bergotong royong membantu masyrakat.

“Saya mencoba memulai. Sekarang, saya berharap masyarakat yang punya rezeki lebih, ayo, bergerak untuk rakyat. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” kata Rahmad Mas’ud mengutip slogan gerakannya, dalam sebuah wawancara di program Sarapan Pagi Radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Jumat (27/3).

Program yang juga sedang dijalankan saat ini melalui Rahmad Mas’ud Centre (RMC), yakni membuat 30 wastafel portable, yang ditempatkan di sejumlah titik keramaian.

“ini untuk membantu masyarakat Balikpapan, terutama untuk menjaga diri dari virus Corona,” ujar Rahmad Mas’ud yang acaranya dipandu Elin dan Sherly, Jumat (27/3). Berikut petikan wawancaranya;

Apa tujuan pembuatan 30 wastafel portable?

Salah satunya, saya sebagai penyelenggara negara, sebagai Wakil Walikota Balikpapan, yang tentunya juga bersama Pemerintah Kota Balikpapan, banyak yang ingin kita buat. Karena wabah Covid-19 ini luar biasa. Untuk itu kita tak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat Balikpapan agar wabah ini tidak sampai meluas ke wilayah Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan.

Pemerintah selalu menganjurkan untuk hidup sehat dan kita mengimbau masyarakat untuk mentaati apa yang telah dianjurkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan, di antaranya tidak berkumpul di tempat keramaian, tidak bepergian kalau memang tidak urgent, atau tidak penting. Cukup di rumah saja sementara ini, karena ini untuk memotong mata rantai penyebaran virus Corona.

Yang kedua, melalui Yayasan RMC ini kami ingin berbuat. Bukan hanya saya sebagai pemerintah kota, tapi ingin memberikan contoh kepada seluruh masyarakat yang mampu, stakeholder, dan semua yang merasa mampu, sudah waktunya dan saatnya apa yang bisa kita persembahkan dan berbagi kepada warga kota Balikpapan saat ini.

Nah, melalui RMC inilah kami membagikan masker, vitamin dan minuman, peralatan untuk tenaga medis, dan melalui relawan kami membangun 30 unit wastafel yang gunanya adalah merubah mindset kita, bahwa agama apa pun sudah mengajarkan kita untuk hidup bersih. Karena kebersihan itu kan bagian dari pada iman.

Kabarnya RMC juga turut membantu bagi Kepala Keluarga yang positif Corona?

Ya, bagi keluarga yang tidak mampu dan sebagai pencari nafkah kemudian ia positif Corona, Insya Allah RMC akan membantu biaya hidupnya selama dalam pengobatan dan masa penyembuhannya.

Dalam waktu dekat ini RMC juga akan berbagi dengan keluarga yang tidak mampu berupa subsidi sembako, karena pemerintah kan menganjurkan untuk tidak keluar rumah, tapi kan mereka juga butuh makan. Karena itu kami akan memberikan infaq, zakat dan sedekah. Khususnya kepada warga yang kurang mampu untuk membagi beras dan telur selama 14 hari.

Ini bagian dari ikhtiar kita. Dan saya sebagai penyelenggara pemerintah juga sudah mengusulkan kepada DPRD untuk mengambil sebagian dari anggaran kita untuk memberikan subsidi sembako pada warga kita.

Saya juga sudah menyampaikan kepada teman-teman bahwa subsidi untuk warga dalam kondisi seperti saat ini sudah diperintahkan dalam Undang – Undang Dasar tahun 1945. Mau tidak mau harus mau, karena ini juga perintah Undang-Undang Dasar 1945. Tentunya kami bersama Pak Walikota tidak gegabah dalam mengucurkan dana ini, yang tentunya harus melalui mekanisme yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang, di mana kita juga wajib melindungi warga Balikpapan. (esa)

rahmad-masudrelawan-rahmadwakil-walikota-balikpapanbalikpapanvirus-corona