Minggu, 27 September 2020 20:10 WIB

Nasional

Ini Daftar Ketum Partai dan Menteri Tersangka di KPK

Redaktur: MTO

TAK sedikit ketua umum Partai Politik dan Menteri yang masuk daftar sebagai tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebagian besar bahkan sudah berstatus narapidana. Sudah diputus bersalah oleh pengadilan. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya;

  1. Luthfi Hasan Ishaaq (Presiden PKS). Pada 30 Januari 2013, KPK mengumumkan Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka kasus suap impor daging untuk tahun 2013. Divonis 16 tahun penjara. Oleh MA, ditambah jadi 18 tahun penjara.
  2. Anas Urbaningrum (Ketua Umum Demokrat). Ditetapkan sebagai tersangka terkait penerimaan gratifikasi berupa Toyota Harrier dari Adhi Karya pada 22 Februari 2013. Pemberian itu terkait dengan proyek Hambalang. Anas divonis 8 tahun penjara oleh pengadilan yang kemudian ditingkatkan oleh MA jadi 14 tahun penjara.
  3. Suryadharma Ali (Ketum PPP/Menag era SBY). Ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji pada 22 Mei 2014. Divonis 6 tahun penjara diperberat oleh PT menjadi 10 tahun penjara.
  4. Setya Novanto (Ketum Partai Golkar). Ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus e-KTP pada Novemver 2017. Divonis hukuman pidana penjara selama 15 tahun
  5. Romahurmuziy (Ketum Umum PPP). Ditetapkan sebagai tersangka pada Maret 2019. Diduga dalam kasus jual beli jabatan di Kemenag. Masih proses persidangan.
  6. Andi Mallarangeng (Menpora era SBY). Ditetapkan sebagai tersangka pada 6 Desember 2012. Divonis bersalah dalam kasus dugaan korupsi megaproyek stadion olahraga di Bukit Hambalang pada 18 Juli 2014. Andi dihukum 4 tahun penjara.
  7. Jero Wacik (Menteri ESDM era (SBY). Jero terbukti telah menggunakan dana operasional menteri (DOM) untuk kepentingan pribadi dan keluarga. Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara. Diperberat menjadi 8 tahun oleh MA.
  8. Idrus Marham (Mensos era Jokowi). Ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap PLTU Riau-1 oleh KPK pada Agustus 2018. Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memutuskan Idrus dijatuhi hukuman 5 tahun penjara. Hukuman ini lebih tinggi dibanding vonis Idrus Marham pada tingkat Pengadilan Tipikor, 3 tahun penjara.
  9. 9. Imam Nahrawi (Menpora era Jokowi). Ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dana hibah KONI dari Kemenpora, Rabu (18/9/2019). 

*Diolah dari berbagai sumber
**Putusan yang dicantumkan hanya vonis penjara

kpktersangka-kpkmenteriketum-partai

Baca Juga

Berita Lainnya