Minggu, 16 Agustus 2020 02:53 WIB

Healthy

Dear Kamu yang Susah Tidur, Ini Tips Bikin Ngantuk

Redaktur: eko satiya hushada

foto ilustasi

Kopisusu.id – Jarum jam sudah pukul 03.00 dinihari, tapi mata tak juga terasa ngantuk. Sulit tidur. Sering disebut insomnia. Ini informasi penting untuk kamu.  Mudah kok untuk dicoba. Bisa bikin kamu segera ngantuk.

Pertama, buatlah diri kamu nyaman. Ini merupakan salah satu cara mengatasi insomnia. Pastikan kamu merasa nyaman ketika hendak tidur. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat tertidur dan terbebas dari insomnia.

Sebagaimana dikutip dari laman honestdocs.id, tips berikutnya adalah, tenangkan diri kamu. Saat hendak tidurkamu  harus memiliki lingkungan dan suasana yang tenang dan damai untuk menghilangkan kejenuhan dan kekacauan yang ada di pikiran Anda selama bekerja atau beraktivitas. 

Ketiga, atur tempat tidur kamu. Kondisi kasur atau tempat tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. Mungkin hal tersebut terdengar sepele, namun hal tersebut dapat membantu Anda mengatasi insomnia.

Keempat, kondisi kamar gelap. Bagi sebagian orang, tidur dalam keadaan gelap akan membuatnya lebih cepat tidur dan nyenyak. Hal ini juga dapat dijadikan solusi bagi Anda yang menderita insomnia.

Kelima, buatlah aturan di kamar kamu. Misalnya, sebelum tidur, tidak boleh mengobrol, tidak ada televisi (tidak boleh menghidupkan televisi), tidak ada melakukan aktivitas, seperti menelpon dan bermain game atau tidak ada makanan.

Keenam, kurangi mengonsumsi kafein. Cara terbaik adalah dengan mengurangi konsumsi kafein di malam hari. Ketujuh, hindari konsumsi alcohol. Kemudian, menjaga pola tidur. Penting untuk menjaga pola tidur setiap harinya, terutama jika seseorang lebih rentan terkena insomnia. Seseorang yang tidur lebih awal, maka akan memiliki pola tidur yang baik setiap harinya. Sebaliknya, orang yang sering tidur larut malam, akan memiliki pola tidur yang buruk dan mudah terkena insomnia.

Kesembilan, konsumsi kue coklat. Kamu dapat mengonsumsi makanan manis, seperti kue coklat atau selembar roti panggang sebelum tidur. Hal tersebut masih kontroversi bagi sebagian orang, karena dapat menyebabkan kegemukan. Namun ada beberapa alasan mengapa dengan mengonsumsi kue coklat dapat membuat Anda lebih cepat tidur

Terakhir, minum susu hangat sebelum tidur. Susu yang dicampur madu atau kacang-kacangan dapat membantu mengobati penderita insomnia. 

Madu dikenal memiliki efek sedatif sama seperti gula, tapi tidak berbahaya bagi penderita diabetes. (esa)

insomniakopisusutips

Baca Juga

Berita Lainnya

Penting, Jangan Lupa Sarapan, Ya!

Selasa, 01 Oktober 2019

Makan Siang, Seberapa Perlu?

Selasa, 24 September 2019