Senin, 27 September 2021 23:17 WIB

Kuliner

Ke Bandung, Pilih Seblak, Batagor atau Surabi?

Redaktur: MTO

MAKNYUS - Surabi Bandung. Dari tampilannya saja, bikin ngiler ya.

Kopisusu.id - Lusa sudah akhir pekan saja. Biasanya selain diisi kumpul bersama keluarga, akhir pekan dimanfaatkan untuk jalan-jalan. Nah, bagi mas bro atau kawan-kawan yang ke Bandung, Jawa Barat, jangan lupa menjajal kuliner Kota Kembang. Apa saja? Berikut di antaranya.

Dirangkum dari sejumlah sumber, ada seblak. Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Biasanya seblak ditambah juga sayuran dan topping lain. Seblak ada yang basah, ada yang kering. Tinggal pilih saja, bro. Lokasi yang disebut-sebut seblaknya maknyos antara lain, Seblak Basah Deu Tjeunghar di Jalan Purnawarman dan Seblak Oces di Jalan Tamansari.

Ada yang lain juga lo. Lotek. Bahannya, sayuran segar yang kasih dengan saus kacang yang lezat. Sekilas mirip gado-gado. Pengunjung di antaranya bisa menyambangi Lotek Macan Bandung di Jalan Macan Nomor 1 Bandung.

Ini juga layak dicoba. Batagor. Konon, batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Batagor terbuat dari campuran tahu, adonan ikan tengiri, dan tepung tapioka. Batagor itu digoreng, bro. Kemudian, dipotong-potong, disiram dengan saus kacang dan kecap. Beberapa yang memanjakan lidah dengan menu batagor adalah Batagor Abuy, Batagor Riri, dan Batagor Kingsley.

Satu lagi, bro. Surabi. Terbuat dari tepung dan santan yang dibakar di atas tungku dalam cetakan tanah liat. Empuk dan gurih. Di Bandung, kuliner ini di antaranya dapat ditemukan di Surabi Enhaii, Jalan Setiabudi Nomor 137. Nah, itu hanya di antara sekian dari kuliner Kota Kembang yang kurang afdol jika tidak dicicipi. Hee.(mto)

seblakbatagorserabi-bandungkopisusu

Baca Juga

Berita Lainnya