Minggu, 16 Agustus 2020 02:50 WIB

Healthy

Penting, Jangan Lupa Sarapan, Ya!

Redaktur: eko satiya hushada

Kopisusu.id – Tak sedikit orang yang mengabaikan sarapan pagi. Padahal, sarapan itu penting loh! Survei Diet Total (SDT) yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menemukan fakta bahwa, pada 25.000 anak usia 6 sampai 12 tahun di 34 provinsi terdapat 47,7 persen anak belum memenuhi kebutuhan energi minimal saat sarapan. Bahkan, 66,8 persen anak mengonsumsi sarapan dengan kualitas gizi yang rendah, terutama asupan vitamin dan juga mineral. Lantas, apa manfaat sarapan dan bagaimana panduan sarapan yang tepat?

Dikutip dari hellosehat.com, ada beberapa manfaat sarapan. Sarapan menjadi salah satu kegiatan penting untuk memulai hari agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Menurut Jansen Ongko, M.Sc, RD, seorang praktisi gizi kebugaran, menyebutkan,  sarapan memenuhi sekitar 15 hingga 30 persen kebutuhan gizi harian. Selain itu, sarapan juga membantu memupuk kebiasaan pola makan yang cerdas saat makan siang, jajan, dan makan malam.

Melewatkan sarapan membuat tubuh menjadi lesu, tak bersemangat, dan sulit berkonsentrasi, hingga akhirnya Anda tidak produktif. Selain itu, tahukah Anda, bahwa melewatkan sarapan sama saja memberi kesempatan tubuh untuk dapat bertambah berat badan. Apalagi jika Anda sedang dalam program diet.

Mengapa begitu? Karena saat sarapan terlupakan maka tubuh berada dalam kondisi sangat lapar. Terlebih jika aktivitas Anda di hari itu sangatlah padat dan membutuhkan energi ekstra. Kemudian yang hampir pasti terjadi ialah Anda makan dengan kalap di siang hari dengan porsi yang besar dan sumber makanan yang sembarangan.

Jika hal ini Anda biasakan setiap hari maka bukannya sehat, Anda malah mungkin mengalami kenaikan berat badan hingga menyebabkan penyakit serius tertentu.

Sarapan ibarat amunisi dan bahan bakar sebelum memulai hari Anda. Untuk itu, penting jika Anda mengonsumsi karbohidrat yang memang memiliki fungsi utama sebagai energi dan makanan untuk otak. Jangan lupa sertakan protein sebagai zat pembangun daya tahan tubuh dan memberikan rasa kenyang hingga waktu makan selanjutnya.

Selain itu, sarapan juga membantu Anda dalam mengontrol gula darah Anda lebih stabil dalam seharian kegiatan Anda. (esa)

 

sarapankesehatan

Baca Juga

Berita Lainnya