Sabtu, 04 Juli 2020 01:47 WIB

Kuliner

Nikmatnya Kue Dongkal Bikin Melayang

Redaktur: MTO

TRADISIONAL - Kue Dongkal

Kopisusu.id - Pernah mencoba dongkal? Atau malah demen dan ketagihan makanan tradisional tersebut? Dirangkum dari sejumlah sumber, kuliner ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus hingga menghasilkan tepung. Selanjutnya, tepung beras yang telah halus dibubuhin gula aren dan dikukus. Dongkal dikukus menggunakan kukusan berbahan anyaman bambu berbentuk kerucut.

Dongkal yang telah matang akan menghasilkan warna belang-belang. Ini hasil kombinasi lapisan tepung beras dan gula aren. Dongkal yang sudah matang kemudian dituangkan dalam bentuk seperti nasi tumpeng. Lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian supaya mudah dinikmati. Sebagai pelengkap, biasanya ditaburi dengan parutan kelapa sehingga rasanya jadi lebih gurih. Dongkal biasanya disajikan di atas daun pisang. Namun, saat ini kadang tidak memakai daun pisang.

Di Jakarta dan sekitarnya, ada sejumlah penjual dongkal atau ada yang menyebut awug. Di dekat traffic light Rawa Belong, Jakarta; sekitar Kantor Pos Depok; sekitar Perumahan Deplu, Ciledug, di depan Alfamart; dan depan parkiran Alfamart, di Tangerang City Business Park, dekat Pizza Hut atau Jl. Perintis Kemerdekaan No. 61, Babakan, Tangerang. Ada juga di Jalan Keadilan Raya Depok Timur, samping Pangkas Rambut Bandung; Jembatan 5 Rawalumbu, Bekasi Timur; dan dekat bunderan Ciater, Tangerang Selatan. Jika menyantap dongkal bersama teh atau kopi hangat atau panas, tambah nikmat. Pikiran bisa melayang, mas bro dan mbak sis. Maknyoss. (mto)

kue-dongkal

Baca Juga

Berita Lainnya