Sabtu, 26 September 2020 11:20 WIB

Kuliner

Timlo Solo, Nendang Banget

Redaktur: MTO

ENAKNYA - Timlo Solo, enak loh!

Kopisusu.id-Pernah makan timlo? Sekilas seperti soto atau sop. Kuliner yang satu ini sangat populer di Solo, Jawa Tengah. Dirangkum dari sejumlah sumber, sejumlah rumah makan timlo di Solo sudah menjual makanan ini sejak 1960-an.

Kuah timlo dibuat dari kaldu ayam dan rempah-rempah. Bumbu yang digunakan dalam sop timlo sangat sederhana. Di antaranya, pala, bawang putih, lada, dan bawang goreng. Bagian paling menarik dari timlo adalah isinya. Ada daging ayam, hati ayam, begedel, empal, udang, telur gulung, siomay, mi sohun, telur ayam, telur puyuh, wortel, atau jamur dalam kuah timlo. Masing-masing warung punya ciri isi timlo tersendiri. Makin berasa jika makan timlu dengan nasi.

Kopisusu.id sudah mencoba timlo, rasanya maknyus. Punya rasa gurih dan segar seperti soto, namun juga terdapat cita rasa sop di dalamnya. Ditambah sambal dan kerupuk, makin lengkap nikmatnya. Plus teh panas atau hangat, rasanya nendang banget.

Jika ke Solo, tinggal pilih mau makan timlo di warung mana. Sedangkan yang di Jakarta, tak perlu galau. Di antaranya bisa ditemukan di Dapur Solo di Jalan Panglima Polim IX No.25, Melawai, Kebayoran Baru. Tak hanya timlo. Menu lainnya khas Solo juga disajikan.

Ada lagi Warung Solo yang terletak di Jalan Madrasah No.14, Cilandak Timur, Pasar Minggu. Di sini selain timlo, ada juga bakwan jagung, pisang goreng, atau lumpia sebagai hidangan pembuka.
Tempat lainnya, Omah Solo di Jl. TB Simatupang No.71A, Cilandak Timur, Cilandak. Manjakan lidah mas bro dan mbak sis sepuasnya. Menu lainnya yang dijajakan adalah oseng-oseng mercon, nasi liwet, soto campur, dan tengkleng bakar iga sapi.

Ada juga Selera Meneer di Bacang 1 No 2 Ahmad Dahlan, Kramat Pela, Kebayoran Baru, serta D'Solo di Jl. Melawai No.189 G, Kramat Pela, Kebayoran Baru. Nah, bagi yang kagak tahan, buruan merapat sebelum ngecesss. (mto)

timlo-solo

Baca Juga

Berita Lainnya