Senin, 27 September 2021 23:59 WIB

Breaking News

Ssst.....Ada Provinsi Baru di Ibu Kota Baru

Redaktur: MTO

JADI CONTOH - Busan, menjadi contoh pemerintah Indonesia untuk pengembangan kawasan baru sebagai ibukota negara.

Kopisusu.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan ibu kota Negara Republik Indonesia pindah ke daerah di Kalimantan Timur. Tepatnya masuk Kabupaten Penajam Pasir Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar). Nah, ke depan wilayah ibu kota negara (IKN) baru kabarnya akan masuk wilayah tersendiri. Ini seiring rencana pembentukan pembentukan provinsi baru.

"Provinsi baru," ujar Suharso Monoarfa, menteri PPN/kepala Bappenas kepada wartawan, Selasa (17/12/2019).

Pembentukan provinsi otonom yang baru akan dikecualikan dari aturan perundang-undangan mengenai pembentukan provinsi baru yang saat ini berlaku. "Daerah pemerintahan otonom itu berbentuk provinsi," imbuhnya.

Di dalam lahan provinsi baru ada kawasan pemerintahan terbatas seluas 56.000 hektare yang di dalamnya terdapat Istana Kepresidenan, gedung-gedung kementerian/lembaga, dan instansi pemerintahan lainnya.

Sementara itu, Korea Selatan (Korsel) disebut-sebut akan digandeng untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur. Nah, Indonesia melirik meniru gaya Busan. Ini disampaikan Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
"Salah satu keahlian dari Korea ini di bidang smart city salah satunya yang menonjol," ujar Danis, Senin (16/12/2019).

Namun, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Syarif Burhanuddin mengatakan, hingga saat ini belum mengetahui Korea Selatan akan terlibat dalam pembangunan apa di ibu kota baru.’’Belum ada gambaran," ujarnya.

Sementara Danis menambahkan, konstruksi sendiri diharapkan dimulai pada akhir 2020. Pada 2020-2021 fokus infrastrukturnya, akses jalan, air bersih, dan sebagainya. Pada 2003, baru di bangun gedung-gedung. Sehingga dalam kurun waktu kurang dari empat tahun diharapkan ibu kota yang baru sudah terbangun. "Kita mau pindah di 2024 atau 2025," jelasnya. Jadi penasaran nih. Seperti apa sih ibu kota baru nanti? Sabar, kalau memang terwujud akan tahu juga kok. (mto)

busaniknkaltim

Baca Juga

Berita Lainnya