Sabtu, 26 September 2020 12:15 WIB

Breaking News

Pecah Telur, KPK OTT Bupati Sidoarjo

Redaktur: MTO

TERCIDUK - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Kopisusu.id- Sekitar dua pekan lebih setelah dilantik, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru akhirnya pecah telur operasi tangkap tangan (OTT). Ya. Ini menyusul OTT yang dilakukan KPK terhadap kepala daerah di Sidoarjo, Jawa Timur.

Plt Jubir KPK Ali Fikri saat dimintai konfirmasi mengatakan, OTT ini berkaitan dengan proyek pengadaan barang dan jasa. "KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur," ujar Ali Fikri, Selasa (7/1/2020).

kabarnya, saat ini Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Timur. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, ini adalah pemeriksaan awal. Rencananya KPK akan menjelaskan secara lengkap dalam konferensi pers, Rabu (8/1/2020).

Terpisah, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghormati proses hukum yang ada. "Kaget mendapat informasi dari ada kasus OTT ini. Yang kedua menghormati proses hukum yang dilakukan KPK," kata Ketua DPP PKB Ahmad Iman, Selasa (7/1/2020). Saiful merupakan kader PKB. Bupati Sidoarjo selama dua periode terakhir itu adalah ketua DPC PKB Kabupaten Sidoarjo. Dengan kejadian ini, berarti OTT KPK beraksi lagi meski menggunakan Undang-Undang (UU) No 19 Tahun 2019. Ini merupakan UU KPK hasil revisi. (mto)

bupati-sidoarjo-saiful-ilahkpkott-kpk

Baca Juga

Berita Lainnya