Minggu, 16 Agustus 2020 02:46 WIB

Sport

Antisipasi Corona, Tim Bulu Tangkis Indonesia ke Manila Diberi Bekal Khusus

Redaktur: MTO

PERISAPAN KHUSUS - Achmad Budiharto

Kopisusu.id - Merebaknya virus corona telah diantispasi oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Setidaknya itu terlihat dari persiapan yang dilakukan oleh Tim Bulu Tangkis Indonesia yang akan berlaga di Badminton Asia Team Championships 2020. Sebelum bertolak ke Manila, Filipina, Sabtu (8/2/2020), tubuh tim yang terdiri atas 20 atlet beserta ofisial dipastikan dalam kondisi bugar. Selain itu, seperti dikutip dari situs resmi PBSI, mereka yang akan tampil di turnamen di Rizal Memorial Coliseum, 11-16 Februari 2020, itu diberi edukasi mengenai penularan virus dan dibekali masker antivirus.

Tak hanya itu, tim juga didampingi dokter PBSI yang telah mempersiapkan segala kebutuhan medis atlet dan tim selama di Manila. "Sudah kami siapkan, sudah ada antisipasi,’’ ujar Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto.

Para atlet juga diminta membatasi kontak langsung dengan barang-barang yang dicurigai bisa menjadi medium penularan virus. Jika berada di tempat umum pun harus sering mencuci tangan di air yang mengalir. Budiharto juga mengatakan bahwa pembatasan aktivitas atlet selama di Manila akan diberlakukan sewajarnya, tapi tetap meminta atlet untuk terus waspada.

Sekadar diketahui, berdasarkan undian kejuaraan beregu Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC), Tim Putra Indonesia berada di Grup A bersama India dan tuan rumah Filipina. Indonesia merupakan juara bertahan dan menempati urutan teratas dalam daftar unggulan. Diikuti Jepang, Tiongkok, Taiwan dan India.

Sedangkan Tim Putri Indonesia berada di Grup Y bersama Thailand dan Filipina. Turnamen beregu se- Asia ini merupakan kualifikasi menuju Piala Thomas dan Uber 2020. Indonesia diperkuat Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri. Ada juga diperkuat Ruselli Hartawan, Choirunnisa, dan pemain junior Putri Kusuma Wardani.

"Tim putri kami di Grup Y, kan ranking dua setelah Thailand. Jadi minimal targetnya jadi runner up. Tapi mau jadi juara juga dong, walau harus dengan kerja keras," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti.

Di sektor ganda putri, Indonesia diperkuat juara Daihatsu Indonesia Masters 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan dua pasangan muda, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Sedangkan Tim Putra Indonesia tampil dengan kekuatan penuh. Di tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Firman Abdul Kholik. Tiga ganda putra terbaik juga menjadi senjata Indonesia, mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (mto)

Hasil undian Badminton Asia Team Championships 2020:
Putra
Grup A
Indonesia, India, Filipina
Grup B
Tiongkok, Thailand, Hongkong
Grup C
Taiwan, Malaysia, Singapura
Grup D
Jepang, Korea, Kazakhstan

Putri
Grup W
Jepang, Malaysia, Hongkong
Grup X
Korea, India, Kazakhstan
Grup Y
Thailand, Indonesia, Filipina
Grup Z
Tiongkok, Taiwan, Singapura

achmad-budihartobadminton-asia-team-championships-2020

Baca Juga

Berita Lainnya