Minggu, 16 Agustus 2020 02:12 WIB

Sport

Badminton Asia Hindari Salam dengan Wasit dan Lawan

Redaktur: MTO

PERUBAHAN - Susi Susanti

Kopisusu.id - Perubahan terjadi di Badminton Asia Team Championships 2020 terjadi. Ini menyusul mundurnya dua negara peserta yang membuat panitia penyelenggara harus mengadakan undian ulang. Tiongkok dan Hongkong menyatakan mundur terkait dengan aturan pemerintah Filipina mengenai pendatang dari kedua negara tersebut di tengah wabah virus corona.

Dikutip kopisusu.id dari situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Selasa (11/2/2020), berdasarkan hasil undian ulang, tim putra Indonesia sudah tidak di Grup A bersama India dan Filipina seperti semula. Kini hanya satu grup dengan Korea. Sedangkan tim putri tetap di Grup Y bersama Thailand dan Filipina.

"Memang perubahan draw ini bisa menguntungkan, bisa juga merugikan. Tapi dari awal kami sudah siap kalau ada perubahan seperti ini. Yang penting dari tim dan individu masing-masing siap," ujar Susy Susanti, Manajer Tim Indonesia.

Tim putra Indonesia yang awalnya mesti melewati dua laga di fase penyisihan grup, kini hanya akan menjalani satu pertandingan saja. Ini bisa berdampak positif dan negatif. "Di satu sisi kami bisa lebih irit tenaga. Tapi di pertandingan pertama, langsung dapat lawan yang lumayan kuat. Kami tidak boleh lengah," ujar Susy.

Panitia penyelenggara juga memberi kelonggaran kepada para para atlet untuk tidak bersalaman dengan lawan, wasit serta hakim servis, sebelum dan sesudah pertandingan. Ini dimaksudkan untuk menjaga kondisi para peserta selama turnamen berlangsung, terkait penyebaran virus corona.
"Khusus untuk kejuaraan ini, para atlet dikasih kelonggaran. Boleh salaman, boleh nggak salaman. Kalau nggak salaman, boleh cuma kasih salam seperti yang biasa dilakukan pemain asal Thailand," imbuhnya.

Tim Indonesia dijadwalkan bertanding di penyisihan grup pada Rabu (12/2/2020). Tim putri akan bertanding lebih dulu melawan tuan rumah, Filipina, pada pukul 10.00 waktu Manila. Sedangkan tim putra akan bertarung melawan Korea pada sore harinya pukul 16.00 waktu Manila.

Seprti diberitakan sebelumnya, Indonesia diperkuat Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri. Ada juga diperkuat Ruselli Hartawan, Choirunnisa, dan pemain junior Putri Kusuma Wardani.
Di sektor ganda putri, Indonesia diperkuat juara Daihatsu Indonesia Masters 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan dua pasangan muda, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Sedangkan Tim Putra Indonesia tampil dengan kekuatan penuh. Di tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Firman Abdul Kholik. Tiga ganda putra terbaik juga menjadi senjata Indonesia, mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (mto)

susi-susantibadminton-asia-team-championships-2020

Baca Juga

Berita Lainnya