Rabu, 21 Oktober 2020 22:59 WIB

Sport

Jos, Tim Putra Cetak Hat-trick BATC 2020

Redaktur: MTO

PASANGAN HEBAT - Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian.

Kopisusu.id - Mantap. Pasukan tepok bulu putra Indonesia berhasil memenuhi ambisi mencetak hat-trick pada Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 atau Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 di Manila, Filipina. Itu setelah pada laga puncak di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Minggu (16/2/2020), mengalahkan Malaysia 3-1.

Kepastian juara dikunci Merah Putih melalui pasangan ‘’dadakan’’. Mohammad Ahsan yang biasa berpasangan dengan Hendra Setiawan, kali ini ditandemkan dengan Fajar Alfian. Hasilnya, Ahsan/Fajar menaklukkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dua gim langsung 21-18 dan 21-17.

Indonesia mengawali poin manis setelah Anthony Sinisuka Ginting menghempaskan Lee Zii Jia, 22-20, 21-16. Di partai kedua juga aman. Ini setelah ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menumbangkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, 22-20, 21-16.

Sayang, di partai ketiga, Jonatan Christie tumbang oleh Cheam June Wei 16-21, 21-17, 22-24. Skor 2-1 untuk Indonesia. Dan, juara dipastikan direngkuh setelah pada partai ganda, Ahsan/Fajar tampil sebagai pemenang.

"Kami mengucap syukur alhamdulillah bisa jadi penentu. Indonesia bisa jadi juara beregu Asia lagi untuk yang ketiga kalinya berturut-turut," ujar Ahsan dikutip dari situs resmi PBSI.  Sayang, keperkasaan para arjuna Indonesia itu tak diikuti oleh tim putri. Langkah Greysia Polii dkk sudah terhenti di babak perempat final usai kalah oleh Jepang 0-3. Di bagian putri ini Jepang menjadi juara setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-0.

Dari even ini tentu menjadi evaluasi bagi PP PBSI ke depan. Khususnya di sektor putri agar lebih baik lagi, sehingga dapat menorehkan prestasi. Sedangkan untuk putra, tetap setel kenceng dan tidak kendor. (mto)

fajar-alfianmohammad-ahsanbadminton-asia-team-championships-2020

Baca Juga

Berita Lainnya