Kamis, 24 September 2020 06:17 WIB

Nasional

PDIP Umumkan Daftar Calon, Nama Edi Damansyah Belum Muncul

Redaktur: MTO

MUNGKIN TAHAP 2 - Edi Damansyah saat mendaftar ke PDIP.

Kopisusu.id- PDIP secara resmi mengumumkan sejumlah nama calon pasangan yang akan bertarung di pilkada 2020 mendatang. Khususnya Kaltim, hanya ada beberapa nama pasangan calon. Sementara nama Edi Damansyah, bupati Kutai Kartanegara yang digadang-gadang akan diusung PDIP di Pilkada Kukar, ternyata namanya malah belum ada di daftar nama calon kepala daerah, melalui Surat DPP PDI Perjuangan Nomor 1196/IN/DPP/II/2020. 

"Kami mohon izin kepada Ibu Ketum untuk mengumumkan calon kepala daerah dan wakil," ujar Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Dalam lampiran surat yang ditandatangani Ketua DPP PDI P Bambang Wuryanto dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto tersebut, RM berpasangan dengan Thohari Aziz untuk Pilkada Balikpapan. Untuk beberapa daerah lainnya di Kalimantan Timur (Kaltim) yang menggelar pilkada, nama-nama yang diusung juga sudah dirilis oleh PDI P. Di Paser mengusung pasangan Fahmi Fadli dan Sulaiman Eva Merukh; Kota Bontang merekomendasikan Adi Darma tandem dengan Basri Rase; dan Kutai Barat pasangan F.X. Yapan dan Edyanto Arkan. Sedangkan untuk Kutai Kartanegara belum ada.

"Ini usulan tahap pertama," kata Sekretaris DPD PDIP Kaltim, Ananda Emira Moeis kepada wartawan, Rabu (19/2/2020).

untuk pasangan bakal calon di lima kabupaten/kota lainnya, Nanda menjelaskan saat ini partai masih berkonsolidasi dan juga terus berkomunikasi baik di internal dan juga arah koalisi. Termasuk di Samarinda, kata Nanda, juga belum diumumkan.

"Samarinda dan kabupaten/kota yang belum nanti diumumkan tahap berikutnya," ujarnya.

Dia menambahkan, ada beberapa parameter yang dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan, salah satunya survei, hasil pemetaan politik, dan hasil komunikasi politik dengan partai calon koalisi. Dari banyaknya indikator itu kemudian terpilihlah nama-nama yang diumumkan hari ini.

“Untuk maju di pilkada itu kan butuh 20 persen suara, itu kan baru Kubar yang 24 persen, yang lain belum. Tapi kami sudah lakukan komunikasi politik dengan partai lain,” pungkasnya. (mto)

edi-damansyahpilkada-kukarrahmad-masud

Baca Juga

Berita Lainnya