Sabtu, 26 September 2020 12:40 WIB

Jakarta

PSBB di Jakarta, Ojek Online Belum Dapat izin Beroperasi

Redaktur: eko satiya hushada

MENUNGGU IZIN - ilustasi ojek online

Kopisusu.id – Dua hari menjelang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta ternyata belum mendapat izin operasi ojek online dari Pemerintah Pusat, khususnya dalam pengangkutan orang. Dalam aturan PSBB, ojek pengangkut orang memang dilarang. ini karena ojek khususnya angkutan orang berpotensi terjadi penularan dan penyebaran virus Corona (Covid-19). 

“Ini yang sedang kita tunggu ya. Belum rampung. Mudah-mudahan malam ini ada kepastian. Kita sedang menunggu izin itu dari Pemerintah Pusat, agar ojek tetap bisa beroperasi,” kata Gubernur Anies Baswedan dalam keterangan pers di kantor Gubernur, Rabu (8/4/2020).

Dikatakan, Pemprov DKI telah melakukan koordinasi dengan operator ojek online, untuk memastikan, apakah ojek dapat memberikan keamanan, untuk tidak saling menularkan antara pengendara dengan penumpang. Dari koordinasi tersebut, operator mengaku memiliki standar keamanan pada mitra ojeknya, agar tidak saling menularkan atau menjadi penghantar virus Corona.

“Mudah-mudahan malam ini selesai (izin operasi ojek online). Kita sudah koordinasi dengan para operator. Menurut mereka, mereka punya protap dalam membawa barang dan orang.

Sementara kendaraan umum tidak dilakukan pembatasan jumlah unitnya. Pembatasan hanya dilakukan pada jumlah orang pada angkutannya, serta jam operasional, yang hanya beroperasi sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

“Misalnya, kalau satu gerbong biasanya 100 orang, ini kita batasi, jadi misalnya 50 orang. Kalau jumlah unitnya tidak dibatasi. Tetap seperti biasa,” jelas Gubernur Anies.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah selama masa PSBB yang berlangsung 14 hari ke depan. Selama PSBB, akan dilakukan patroli keliling oleh polisi dan TNI, untuk memastikan aturan ini berjalan dengan baik. “Kita harapkan kesadaran masyarakat untuk tetap di rumah. Keluar hanya untuk hal mendesak,” tegas Anies. (esa)

ojek-onlinepsbbgubernur-anies-baswedan

Baca Juga

Berita Lainnya