Sabtu, 04 Juli 2020 03:41 WIB

Sport

Selamat Wal, Putera Kaltim jadi Plt Sekjen PSSI

Redaktur: eko satiya hushada

ANAK KALTIM - Yunus Nusi

Kopisusu.id – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menunjuk Yunus Nusi sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI. Kabar ini tentu menjadi kabar gembira bagi warga Kalimantan Timur (Kaltim). Karena Yunus Nusi adalah orang Kaltim. Dia adalah Ketua Asprov PSSI Kaltim yang dijabat sejak tahun 2013, yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Kami memilih Yunus Nusi sebagai pelaksana tugas Sekjen mulai hari Senin 20 April ini. Seluruh Exco PSSI sudah menyetujui penunjukannya," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Menurut Iriawan, dengan pengalaman Yunus Nusi di sepakbola, organisasi, dan kemampuannya, sangat pantas jika dipilih  sebagai Plt Sekjen. “Dia akan menjadi Plt Sekjen hingga terpilihnya Sekjen yang definitif nantinya," tambah Iriawan.

Sebelumnya,  sempat beredar kabar bahwa Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, naik sebagai Plt. Namun hal itu dibantah PSSI. Ahmad Riyadh selaku anggota Exco PSSI mengatakan, Yunus Nusi yang dipilih Ketum menjadi plt Sekjen.

Yunus Nusi menggantikan peran Ratu Tisha Destria yang mengundurkan diri sebagai Sekjen PSSI pada 13 April 2020. Dia sementara akan menjalankan tugas-tugas kesekjenan.

Yunus memang bukan orang baru di PSSI. Ia menjadi anggota Exco sejak 2016. Sebelum terlibat dalam kepengurusan PSSI pusat, Yunus lama berkarier di klub Persisam Samarinda hingga terjun ke kepengurusan PSSI daerah.
Pada 2013, Yunus terpilih sebagai Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Timur. Posisi itu ia jabat hingga saat ini. Selain berpengalaman di sepak bola, Yunus juga berkecimpung di cabang olahraga lain. Ia tercatat pernah menjadi Sekretaris Umum Taekwondo Indonesia Kaltim tahun 2001-2009. Kemudian, pengurus KONI Kaltim tahun 2006-2014, dan Sekretaris Bidang Pertandingan PB PON Kaltim 2008.

PETINGGI PSSI - Yunus Nusi (kiri) bersama Mochamad Iriawan, ketum PSSI dalam sebuah diskusi. 

“Terima kasih ucapan dan doanya, Wal (Kawal, artinya teman, bahasa Banjarmasin, sebagai bahasa orang Samarinda). Tolong bantu saya dalam melaksanakan tugas ini,” kata Yunus Nusi yang dihubungi kopisusu.id, Senin (20/4/2020).

Yunus mengaku bersyukur dipercaya oleh ketua umum. Menurutnya, pekerjaan sebagai sekjen cukup mudah, namun tanggung jawabnya yang berat. "Saya sudah menjadi pengurus PSSI itu sejak zaman Djohar Arifin sampai sekarang. Menurut saya, tugas menjadi Sekjen itu mudah, yang berat itu tanggung jawabnya," kata Yunus Nusi lagi.

Yunus menjelaskan tugas yang akan ia jalani akan sesuai statuta PSSI. Begitu juga dengan tugas yang diberikan oleh Ketum PSSI sesuai dengan amanah Kongres PSSI.

"Tugas yang diberikan Ketum kepada saya itu lebih kepada pembenahan dan pengendalian administrasi kesekjenan. Selain itu, saya juga akan melakukan evaluasi apa yang harus dievaluasi dan pemantapan struktur keorganisasian," tambah Yunus.

Warga Kaltim pun berharap, Yunus bisa menjadi sekjen definitif, mengingat pengalamannya yang mumpuni, sebagai motor penggerak organisasi. "Kita berharap, bung Yunus Nusi bisa jadi sekjen definitif. Cukup sudah pengalaman, apalagi. Urang (orang) Kaltim mendukung beliau," tegas Muslimin, tokoh pemuda Kaltim.  Selamat, Wal! (esa)

 

yunus-nusiplt-sekjen-pssimochamad-iriawanexco-pssi

Baca Juga

Berita Lainnya