Jumat, 27 November 2020 15:06 WIB

Breaking News

Presiden Akhirnya Larang Mudik Lebaran

Redaktur: eko satiya hushada

RITUAL TAHUNAN - Tahun ini, mudik lebaran dilarang (foto ilustrasi mudik)

Kopisusu.id – Pemerintah mengambil sikap tegas dalam upaya mencegah semakin menyebarnya virus Corona (COVID-19). Presiden Joko Widodo melarang masyarakat untuk melakukan aksi pulang kampong atau mudik, Selasa (21/4/2020). Ia minta jajarannya untuk mengamankan kebijakan ini.

 "Pada rapat hari ini, saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang (mudik)," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/4/2020).

Ia minta jajarannya menyiapkan semua hal berkaitan dengan keputusannya itu. Larangan mudik sebelumnya disampaikan Jokowi untuk aparatur sipil negara (ASN) serta TNI/Polri, kini keputusannya itu mencakup semuanya.

Berikut kutipan lengkap keterangan Presiden Joko Widodo soal pelarangan mudik pada lebaran tahun ini.

Saya ingin langsung saja tadi dari hasil kajian-kajian yang ada di lapangan, pendalaman yang ada di lapangan, kemudian juga dari hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan disampaikan bahwa yang tidak mudik adalah 68 persen, yang tetap masih bersikeras mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen. Artinya masih ada angka yang sangat besar yaitu 24 persen tadi.

Kemudian yang kedua yang berkaitan dengan bansos, bansos sudah mulai dilaksanakan kemarin, pembagian sembako untuk Jabodetabek, kemudian Kartu Prakerja sudah berjalan, minggu ini juga bantuan sosial bansos tunai juga sudah dikerjakan. Dari sinilah kemudian saya ingin mengambil sebuah keputusan, setelah larangan mudik bagi ASN, TNI, Polri, dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu.

Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang. Oleh sebab itu, saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. (esa)

 

 

mudik-dilarangmudikpresiden-joko-widodocovid-19virus-corona

Baca Juga

Berita Lainnya