Rabu, 21 Oktober 2020 23:07 WIB

microsite

Rahmad - Thohari menjanjikan pendidikan gratis sampai SMU sederajat

Redaktur:

Rahmad-Thohari bersama para pendukung

Pasangan Calon Kepala Daerah Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud – Thohari Azis (RT) berjanji akan memberikan layanan BPJS Kesehatan dan pendidikan gratis bagi masyarakat Kota Balikpapan apabila berhasil memenangkan perolehan suara di Pilkada Kota Balikpapan 2020.

Hal itu disampaikan Rahmad Mas’ud kepada pendukungnya ketika berkampanye di kawasan Kecamatan Balikpapan Selatan, Rabu (14/10).

Menurut Rahmad, rencana untuk memberikan layanan BPJS Kesehatan dan pendidikan gratis ini terinspirasi dari program yang telah dilaksanakan oleh Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Masud, yang juga merupakan adik kandungnya.

“BPJS Kesehatan ini akan kita minta untuk diringankan. Di Penajam saja BPJS Kesehatan gratis, pendidikan gratis, masa Balikpapan tidak. Malu saya sama adik Gofur (Bupati PPU), ” ujarnya.

Selain meminta keringanan BPJS Kesehatan, ia juga menyatakan berkomitmen akan menggratiskan biaya pendidikan hingga SMA sederajat. Kebijakan ini ditekankan untuk menjamin pendidikan generasi muda di Balikpapan minimal berpendidikan terakhir SMA sederajat.

Kebijakan ini, menurutnya, dibuat secara khusus untuk mengakomodir warga Balikpapan kategori berpenghasilan rendah yang kesulitan membiayai sekolah anak-anak mereka.

“Sekolah dan kesehatan itu menjadi hak warga negara yang telah diatur oleh Undang-undang bahwa setiap orang susah, fakir miskin, anak terlantar dan yatim piatu harus dipelihara oleh negara.

Tentu saja kebijakan ini nantinya juga akan didukung oleh pengembangan dan pembangunan infrastruktur penunjang seperti penambahan ruang belajar dan fasilitas kesehatan,” tuturnya.

Rahmad mengatakan, program tersebut telah disampaikan kepada Ketua DPRD Balikpapan untuk ditindaklanjuti menyesuaikan dengan kemampuan anggaran keuangan daerah.

“Keuangan daerah kita Insya Allah sanggup kok. Percayalah, pembangunan kita ini berdasarkan RPJMD.

Kalau tidak ada RPJMD tidak mungkin pembangunan itu terealisasi karena saya calon tunggal. Yang lain mohon maaf, kolom kosong nggak ada RPJMD nya. Jadi saya pastikan pembangunan tidak ada,” pungkasnya.(KPFM Balikpapan.com)

Baca Juga

Berita Lainnya